Sabtu, 31 Juli 2010

Tip sederhana mencegah virus masuk ke komputer

Berikut tip sederhana untuk mencegah virus masuk ke komputer khususnya di windows XP:
  1. Matikan autorun. Klik Start > Run > gpedit.msc > Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates > System >Klik 2x Turn off Auto Play > Enabled
  2. Selalu show kan semua file (bahkan juga untuk file OS)
    Di windows explorer > Tools > Folder Options > View > Klik Centang semua display dan show hidden files and folder dan Uncheck semua Hide
  3. Saat mencolok flasdisk atau hardisk external jangan langsung masuk lewat icon di my computer tp lewat windows explorer saja.
  4. Point 1 dan 4sangat efektif untuk menghindari virus yg menyerang dengan memanfaatkan fitur autorun. Sedangkan point 2 dan 3 digunakan sebagai pendeteksi apakah komputer kita terserang virus atau tidak, karena hampir semua virus menyerang fitur ini agar file induk virus tidak ditemukan.
  5. Sebaiknya sih, saat mencolok flasdisk atau hardisk external, coba liat file2nya apakah ada file autorun.inf. Kalo ada coba buka dan cek isinya, klo isinya panjang dan gak jelas, maka kemungkinan besar flasdisk atau hardisk terbut udah terserang virus, tinggal hati2 aja lagi virus terbut menyerang apa, apakah file, atau lainnya.
  6. Saat membuka file perhatikan extensionnya, apabila ada yg aneh misal, file word 2007 yg seharusnya .docx menjadi .exe maka kemungkinan besar file tersebut sudah kena virus, jadi apabila tidak ingin menular ke komputer jangan di jalankan dulu file tersebut. Tapi alangkah baiknya di cari dulu penangkalnya. Banyak kok sekarang provider AV mengeluarkan versi portabel untuk virus2 khusus, dan biasanya kalo memakai versi itu file tersebut dapat diperbaiki.
  7. Klo download software, perhatikan dulu sebelum diinstall, berdasarkan pengalaman saya rada2 susah memebedakan keygen yg bukan virus dan virus. Bisa jadi walau kedetect virus oleh AV tapi ternyata bukan virus, nah biasanya saya disini hanya mengandalkan feeling saja, hehehehe Klo keygennya virus biasanya tidak ada iconnya, trus filenya juga relatif sangat kecil di bawah 10 kB

    (koral web

0 comments:

Posting Komentar

About Me

Koral Web
Kami adalah web developer. Beberapa produk yang pernah kami buat antara lain website, aplikasi klinik, aplikasi apotik, aplikasi EDMS (Electronic Database Management System), Energy Consumption Management System, RKBI (Rencana Kunjungan Barang Import) dan lain-lain sesuai dengan request dari client kami. Jika Anda tertarik untuk membuat system atau aplikasi, jangan sungkan-sungkan menghubungi kami.
Lihat profil lengkapku

Bahasa Pemrogramanmu?

Nasihat

Barangsiapa capek lelah dan letihnya bukan karena Allah maka celakalah dia
Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archieve

SMS Gratis